Saturday, May 11, 2013

Mengapa Supra X 125 kalau panas suara mesinnya kasar?

Kalau mesin yang masih standar biasanya oli yg dipakai terlalu encer atau oli nya berkurang atau ada org jahil yg ngerjain anda dengan memasukan pasir atau garam kedalam tutup oli mesin nya sebaiknya segera dicek kebengkel atau ganti oli nya

perlu anda ketahui
mesin nf125 series ( karisma, kirana, supra x 125 ) yg masih standart bawaan pabrik tidak bisa pakai oli yg terlalu encer kalau diabakan efek nya : suara mesin jadi kasar, mesin cepat panas, oli nya cepat mengering, ring piston cepat rusak, bearing ( lahar ) kruk as cepat rusak,

kecuali anda rajin ganti oli setiap 400 km dan suka buang2 uang dan ngabisin waktu di bengkel ya nggak apa2 atau mesin nya sudah dikorek ,

jenis oli yg tidak cocok dengan mesin standart nf125 series : 10w-30, 10w-40, 10w-50, 15w-45, 15w-50 sae walau pun sintetik dan ber "jaso ma"

pakailah oli yg di rekomendasi kan pabrikan honda : 20w-50 atau 20w-40 sae biasa atau 20w-50 atau 20w-40 sae yg ber sintetik dan ber jaso ma

jangan percaya sama org bengkel atau teman anda yg menyarankan anda kalau pakai oli encer bisa bikin mesin bertenaga larinya tambah kencang tarikan tambah enteng dan tambah irit itu semua BOHONG BOHONG dan BOHONG ( kalau anda nggak percaya dengan kata2 saya silahkan buktikan sendiri tes pakai dynotest atau verricom atau praktis nya anda ngalami sendiri toh anda sendiri yg rugi kok bukan saya karena nggak mau percaya saran saya )

Fakta nya motor saya ( supra x 125 th 2008 saat mesin nya standart ) waktu pakai oli encer ( 10w-30, 10w-40, 10w-50, 15w-45, 15w-50 sae ) malah tambah boros, mesin cepat panas dan mesinnya jadi loyo ( tak ada tenaga nya ) ,

terserah anda mau percaya sama org bengkel atau teman anda yg mau membuat anda rugi, atau percaya sama buku pedoman honda yg dari pabrik nya yg jelas2 jujur terhadap konsumen nya ,

bisa anda bayangkan bengkel2 biasa yg mungkin langganan anda yg tak jelas atau teman anda yg sok tahu dan sirik dengan anda mau anda percaya?

di bengkel ahass yg jelas saja kadang2 org2 nya kurang ajar dan tak bisa dipercaya apa lagi di bengkel2 biasa dan teman yg tidak mengerti mesin

kalau mesinnya tidak standart lagi alias sudah dikorek ( noken as nya dipapas atau diganti noken as racing )
memang larinya bertambah kencang dan bertenaga tapi efek nya suara mesin jadi agak kasar, cepat panas, agak boros dan butuh oli sedikit encer ( 20w-40 sae maksimal 15w -50sae )

motor standart kalau larinya agak kencang dari biasanya dan mesin nya bersuara kasar artinya sudah dikorek mesin nya. kalau dikerjain org jahil mesin nya waktu panas bersuara kasar juga, sebaik cepat masukan ke bengkel dan harus turun mesin sebelum terlambat ( kerusakan yg merembet ke komponen2 mesin lain nya )

kalau oli nya sering berkurang atau sering makan oli dan keluar asap hitam pekat dari knalpot mungkin ring piston dan piston sudah kena dan harus turun mesin juga

tak ada oli encer yg bisa bikin mesin yg masih standart jadi kencang irit bertenaga mesin awet dan ramah lingkungan
kalau ada yg membenarkan ITS BULL SHIIT ( omong kosong )

mohon maaf kalau kata2 saya kasar niat saya supaya anda paham akan maksud saya dan tidak ada maksud untuk men jelek2kan merek atau pihak tertentu.

materi referensi:
pengalaman saya selama menggunakan oli encer nya shxxl, mxtxl, cxxtrol, xmpx, poko nya oli yg encer nggak bagus untuk mesin nf125series yg masih standart kecuali korekan khusus motor balap.

sumber: http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20100523065033AA3eHKD

4 comments:

  1. 10w-30, 10w-40, 10w-50, 15w-45, 15w-50 sae
    kalo yg itu encer, saudara pake oli apa ya ?

    ReplyDelete
  2. oh gitu mas,saya salah beli oli nih,thanks

    ReplyDelete
  3. lha wong oli standard nya HSX 10W30 rekomensasi teko pabrik e mas. karep mu piye?

    ReplyDelete