Tuesday, June 25, 2013

Seleksi masuk program magister s2 di ITB

Bagi anda sekalian yang mau melanjutkan studi di program magister s2 di ITB mungkin posting ini bermanfaat sebagai panduan.

Adapun keterangan resmi bisa di lihat di situs resminya di sini

Kita mulai dari pembiayaan

Selanjutnya yaitu persyaratan administrasi

Yang berikutnya yaitu test masuk (tes tertulis dan wawancara)





ada beberapa test yang dipersyaratkan untuk diikuti, sebagai berikut

1. Test TOEFL atau ELPT

2. Test TPA

3. Wawancara

karena yang saya alami sendiri adalah seleksi untuk masuk ke program studi Teknik Mesin (MS) maka yang akan saya terangkan khusus mengenai wawancara di program studi ini saja.

mengenai program studi teknik mesin dapat dilihat di situs resminya di sini

well, dari cerita pengalaman teman-teman dan browsing di internet, saya mengambil kesimpulan awal kalau wawancara di program studi teknik mesin sangat ketat dan memang berdasarkan kemampuan akademis calon mahasiswa tersebut.

saya dijadwalkan untuk wawancara hari senin jam 8 pagi, dan di surat panggilan diwajibkan untuk hadir 15 menit sebelum nya harus sudah ada di sana.

ternyata setelah sampai di tempat, melihat pada tabel urutan jadwal, wawancara saya sebenarnya adalah jam 13.30 alias harus menunggu sampai jam 1 siang yaitu sesudah istirahat.

para peserta wawancara dikelompokkan sesuai bidang khususnya masing-masing, dan saya masuk dalam kelompok konversi energi.

setelah menunggu dari pagi sampai siang, maka tibalah giliran saya, harap2 cemas namun tetap optimis saya masuk ke ruangan wawancara.

setelah perkenalan singkat, kemudian dilanjutkan oleh beberapa sesi pertanyaan.

pertama.,motivasi

selanjutnya adalah susul menyusul pertanyaan teknis tapi lebih cenderung konsep-konsep matematika
saya mengemukakan konsep yang akan dituangkan dalam tesis, inilah yang kemudian diulas oleh pewawancara
antara lain
persamaan energi
entalpi
persamaan kalor

beberapa dari konsep matematika yaitu
turunan
integral
matriks
persamaan garis, persamaan kuadrat dan menggambarkan nya

to be continue..



No comments:

Post a Comment